Beranda Berita Ikuti Lomba MembaTIK 2019 dari Kemdikbud

Ikuti Lomba MembaTIK 2019 dari Kemdikbud

691
0
Lomba MembaTIK 2019

Lomba MembaTIK Tahun 2019 dari Kemdikbud. Apa itu MembaTIK ?
Membuat bahan ajar berbasis TIK (MembaTIK), merupakan lomba membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum.

Melalui MembaTIK peserta diharapkan dapat membuat media bahan belajar berbasis TIK yang menarik, kreatif dan interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Baca juga

Kategori Lomba MembaTIK 2019

  • Video Pembelajaran (Format video berupa .mp4)
  • Multimedia Interaktif Format file berupa .HTML5
  • Game Edukatif Format game berupa .HTML 5
  • Augmented Reality Format AR/VR berupa .apk

Jadwal Acara dan Rangkaian Kegiatan
Kegiatan MembaTIK Kemdikbud 2019 berlangsung di seluruh Indonesia, mulai dari tanggal 24 Juni hingga 31 Agustus 2019.

01
Pendaftaran | 24 Juni – 31 Agustus 2019
Peserta melakukan pendaftaran di http://membatik.kemdikbud.go.id.
02
Unggah Karya Lomba | 24 Juni – 31 Agustus 2019
Peserta menggunggah karya yang dibuat ke website membaTIK.
03
Penjurian | 1 September – 31 September 2019
File karya yang sudah terkirim akan diseleksi oleh Juri sesuai dengan persyaratan yang diberikan.
04
Nominasi Karya | 1 Oktober – 31 Oktober 2019
Terseleksi 32 nominasi karya terbaik untuk diundang ke Jakarta.
05
Pengumuman Pemenang | November 2019
Pengumuman juara pemenang per kategori di Anugerah Ki Hajar 2019.

REKOMENDASI KAMI
Jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020

Syarat dan Ketentuan Lomba MembaTIK 2019

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA MEMBUAT BAHAN AJAR
BERBASIS TIK UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
MULTIMEDIA INTERAKTIF

  1. Ukuran tampilan standar pada aplikasi pembuat multimedia
    interaktif serta responsif bila ditampilan di android (menyesuaikan
    ukuran/tampilan) dan berbasis HTML 5
  2. Animasi logo kemdikbud (pembuka)
  3. Topik, Tema, sub tema dan Sasaran
  4. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) (maksimal 2 KD)
  5. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta dan Isi karya
    menjadi tanggung jawab peserta dengan membuat surat
    pernyataan (dapat di download melalui web).
  6. Terdapat latihan atau tes
  7. Terdapat Daftar Pustaka
  8. Terdapat Info Pengembang

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA MEMBUAT BAHAN AJAR BERBASIS TIK UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME

  1. Karya adalah hasil ide dan kreasi orisinal peserta dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya. Isi karya menjadi tanggung jawab peserta. 2. Karya belum pernah menjadi juara di kompetisi serupa.
  2. Karya tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras).
  3. Karya berupa game edukasi yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui portal Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id.
  4. Game Edukasi yang dimaksud dipublikasikan dalam format HTML/HTML5, sehingga dapat diakses via web browser di multi platform operating system.
  5. Game edukasi dapat berupa arcade, adventure, shooter, atau genre lain sesuai dengan konten pendidikan yang diangkat, baik materi pelajaran tertentu atau pembiasaan karakter siswa.
  6. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat Game Edukasi bebas.
  7. Penggunaan library yang bersifat open source diperbolehkan. 9. Seluruh asset Game Edukasi (seperti gambar, suara, atau klip) merupakan asli buatan sendiri.
  8. Mencantumkan logo Kemendikbud pada Splash Screen, maksimal 5 detik.
  9. Game edukasi disajikan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing/daerah/muatan lokal.
  10. Melampirkan naskah dan dokumen penjelasan karya.
  11. Karya dan dokumen penjelasan karya dibuat dalam satu folder, selanjutnya folder tersebut diarsipkan dalam format RAR/ZIP dengan nama “namapeserta_asallembaga”, lalu dikirimkan melalui website Membatik https://membatik.kemdikbud.go.id.
REKOMENDASI KAMI
Hari Libur Nasional Tahun 2018 Dan Cuti Bersama

Selengkapnya kunjungi https://membatik.kemdikbud.go.id.