Beranda Download Model dan Modul Pembelajaran Antikorupsi Untuk Guru

Model dan Modul Pembelajaran Antikorupsi Untuk Guru

52
0
Modul Pembelajaran Antikorupsi Untuk Guru

Model dan Modul Pembelajaran Antikorupsi Untuk Guru. Pendidikan antikorupsi diawali dengan memastikan bahwa kurikulum mengakomodasi nilai-nilai antikorupsi. Sehubungan dengan ini, sebagai jantung pendidikan, kurikulum memiliki dua kekuatan, yaitu:
Kedua, pengelolaan kurikulum melalui pembelajaran yang efektif yang didukung oleh sistem penilaian yang mengarah pada pencapaian kompetensi (valid) dan realiable (dapat dipercaya, ajeg, konsisten, andal dan stabil).

Pengelolaan kurikulum diawali dengan penyusunan pe rencanaan pembelajaran yang benar-benar dapat dijadikan sebagai acuan dan pengendalian proses pembela jar an. Perencanaan tersebut memperhitungkan kelayak an dan keterlaksanaanya, disesuaikan dengan kondisi yang ada, mempertimbangkan perbedaan potensi dan kecepatan serta gaya belajar peserta didik, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, tanggap terhadap berbagai peru bahan situasi yang terjadi tiba-tiba, dan memberikan berbagai alternatif peng alaman belajar.

Baca juga

REKOMENDASI KAMI
Aplikasi Try Out Ujian Sekolah Berbasis Komputer Lengkap Soal dan Pembahasan

Model Pembelajaran Antikorupsi

Pertama, ketepatan memilih substansi atau lingkup pengetahuan yang akan dibelajarkan. Kebenaran substansi tidak disangsikan, urgent (penting) untuk dipelajari, benar-benar bermanfaat, relevan dengan kebutuhan peserta didik dan kehidupan, serta memancing minat peserta didik untuk mempelajari lebih lanjut secara mandiri

Kedua, pengelolaan kurikulum melalui pembelajaran yang efektif yang didukung oleh sistem penilaian yang mengarah pada pencapaian kompetensi (valid) dan realiable (dapat dipercaya, ajeg, konsisten, andal dan stabil). Pengelolaan kurikulum diawali dengan penyusunan pe rencanaan pembelajaran yang benar-benar dapat dijadikan sebagai acuan dan pengendalian proses pembelajaran.

Perencanaan tersebut memperhitungkan kelayak an dan keterlaksanaanya, disesuaikan dengan kondisi yang ada, mempertimbangkan perbedaan potensi dan kecepatan serta gaya belajar peserta didik, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, tanggap terhadap berbagai peru bahan situasi yang terjadi tiba-tiba, dan memberikan berbagai alternatif pengalaman belajar.

REKOMENDASI KAMI
Jadwal Pelajaran SD Excel Tematik Kurikulum 2013 Kelas 1,2,4 Dan 5

Modul Pembelajaran Antikorupsi Untuk Guru

Kedua kekuatan itulah yang menjamin ketercapaian tujuan pembelajaran. Tanpa pengelolaan yang tepat, substansi yang hebat akan kehilangan makna. Demikian pula sebaliknya, kekeliruan dalam memilih substansi mengakibatkan pembelajaran menjadi sia-sia. Agar substansi kurikulum dapat dikelola dengan baik, maka guru sebagai pendamping siswa harus benar-benar memahami kedua aspek tersebut.

Supaya kurikulum memudahkan semua guru untuk melakukan pembelajaran, maka semua kebijakan pemerintah tentang kurikulum ha rus mudah dipahami, mudah dijabarkan, mudah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi yang ada di sekitarnya (flexible), mudah dikelola oleh guru (manageable), terukur ketercapaiannya (measurable), terlihat tahapan perkembangannya (observable) dan dapat diprediksi hasilnya (predictable).

Apabila semua itu terpenuhi, maka substansi yang semula dianggap sulit, akan mudah dipelajari oleh siswa (learnable). Substansi yang semula dianggap sebagai beban akan menjadi kebutuhan dan bermakna bagi kehidupan. Artinya, keberadaan kurikulum menjadi alat bantu yang memudahkan dan melancarkan proses pembelajaran, bukan mempersulit apalagi merepotkan semua pihak (guru, siswa, dan orang tua).

REKOMENDASI KAMI
RPP Penjas Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 Kelas 1 SD

Daftar Isi ………………………………………………………………………… vii

A. PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ……………………………… 1

B. ASPEK PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ………………….. 6

C. LANGKAH IN-SER-SI …………………………………………. 12

D. CONTOH RANCANGAN KEGIATAN

PEMBELAJARAN ………………………………………………. 22

E. PENILAIAN HASIL BELAJAR, MONITORING

DAN EVALUASI PROGRAM………………………………… 90

F. PETA KOMPETENSI PPKN TERKAIT

PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ………………………………. 100

G. CONTOH FORMAT PERENCANAAN

PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN ……………………. 114

H. ALTERNATIF BAHAN AJAR TERBITAN KPK ……….. 118

Download Modul dan Model Pembelajaran Antikorupsi

991 MODEL Pembelajaran Antikorupsi