Beranda Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru

1733
1
Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru, di Situasi Wabah Virus Corona Dengan Cara Pembelajaran 5M, Belajar di rumah, belajar di sekolah, tetap berpihak pada anak. Bagaimana caranya? Guru dan orangtua yang berdaya menciptakan pengalaman belajar yang melibatkan anak. Ikuti Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru dan orangtua di situasi wabah virus corona.

Panduan ini memiliki Tujuan Mendorong kolaborasi orangtua, guru dan murid untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus Corona. Memastikan anak mendapatkan personalisasi pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak

Pembelajaran Jarak Jauh

Memanusiakan Hubungan. Praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid dan orangtua.

REKOMENDASI KAMI
RPP Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Anjuran

  • Lakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu mengenai kesiapan orangtua dalam mendampingi murid melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan: akses orangtua terhadap teknologi, pola kerja orangtua dan tingkat pendidikan orangtua. (Prioritas)
  • Sediakan waktu berbincang bebas dengan orangtua dan murid untuk mendapatkan gambaran kondisi yang mereka alami. Membangun kepercayaan diri murid dan orangtua, menghadirkan dukungan, pendorong semangat dan bantuan profesional. (Prioritas)
  • Memperkirakan durasi pengerjaan tugas yang akan diberikan. Pastikan durasinya maksimal 80% dari jam belajar normal untuk menyediakan waktu belajar tidak terstruktur. Durasi ini bisa disesuaikan melalui koordinasi dengan guru yang mengajar pada kelas yang sama dan dengan murid/orangtua (Menantang)

Membangun kesepakatan dengan orangtua terkait cara pengerjaan tugas murid, jadwal dan durasi konferensi guru (Menantang)
Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar yang memadukan tujuan kurikulum, minat murid dan isu yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)

REKOMENDASI KAMI
SK Pembagian Tugas Mengajar dengan Rasio Siswa 2016/2017

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh

Hindari membuat aturan dan tugas yang tidak memahami kondisi murid dan orangtua. Hindari memaksakan tugas harus dikerjakan dengan kriteria dan durasi kecepatan yang sama untuk semua murid.
Hindari menuntut orangtua untuk mendampingi penuh murid tanpa mempertimbangan faktor kendala dalam melakukan pendampingan.

Memahami Konsep. Praktik pembelajaran yang memandu murid bukan sekedar menguasai konten tapi menguasai pemahaman mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan di beragam konteks.

Lakukan penjelasan terlebih dahulu kepada orangtua khususnya pada kelas kecil tentang tujuan dan proses belajar jarak jauh dan penggunaan aplikasi atau situs melalui video tutorial atau infografis (Prioritas).
Satu kegiatan belajar bisa mencakup lebih dari 1 pelajaran. Rancang tugas atau kegiatan belajar yang bisa mencakup 2 – 3 pelajaran. (Prioritas)


Berilah tugas yang terkait dengan lingkungan rumah pada kelas kecil dan terkait dengan persoalan yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang)
Sediakan pertanyaan terbuka pada instruksi penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya. Contoh: Pada kelas kecil, apa yang kamu sukai dari tugas hari ini? Pada kelas besar, apa kaitan antara konsep yang kamu pelajari hari ini dengan persoalan masyarakat saat ini? (Menantang)

REKOMENDASI KAMI
Inilah SK Tim Pencegahan Tindak Kekerasan di Sekolah

Hindari memberikan tugas sekedar untuk latihan soal atau pengerjaan LKS, tanpa disertai diskusi dan refleksi. Hindari memberi tugas yang meminta murid hanya memindahkan materi dari buku teks ke lembar tugas.

Selengkapnya Download