Pedoman Lomba Inobel 2018 Bagi Guru SD dan SMP

0
707
Pedoman Lomba Inobel 2018

Pedoman Lomba Inobel 2018 Bagi Guru SD dan SMP, INOBEL Tahun 2018 dalam petunjuk pendaftaran serta persyaratan Lomba Inovasi Pembelajaran dari Kemdikbud yang dikhususkan pada Guru-guru baik SD dan SMP, Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran.

Pedoman Lomba Inobel 2018,Menurut UU No 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, inovasi dapat berupa kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang
baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi., Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran ini ditujukan untuk guru dalam tiga bidang, yaitu:

  1. Guru. mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika, dan Ilmu
    Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan kode MIPA.
  2. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn, dan Bahasa menggunakan kode IPSPB.
  3. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Seni Budaya, Pendidikan
    Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK), Prakarya, Pendidikan Agama dan Budi
    Pekerti, Muatan Lokal (Mulok), dan Bimbingan Konseling (BK) menggunakan kode
    SORAK.
REKOMENDASI KAMI
Buku Panduan Lomba Literasi Dalam Jaringan 2018

Pedoman Lomba Inobel 2018 Untuk Guru SD dan SMP

Persyaratan Peserta

Persyaratan kelengkapan pindaian (scan) yang diunggah pada halaman administrasi:
a. Bukti Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. Bukti kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan
melampirkan pindaian fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh atasan;
c. Bukti surat rekomendasi untuk mengikuti perlombaan dari kepala sekolah dan
tembusan disampaikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota (lihat Lampiran 3);
d. Bukti surat keterangan tidak sedang dalam tugas belajar yang dibiayai Pemerintah
(lihat Lampiran 4).

Persyaratan kelengkapan yang disertakan pada naskah
a. melampirkan pindaian surat pemyataan keaslian karya dan belum pemah menjadi
Juara/Peringkat I, II, dan III pada perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan
oleh Kemendikbud dalam lima tahun terakhir; (lihat Lampiran 4)
b. melampirkan pindaian surat pemyataan tidak sedang/telah diikutsertakan dalam
lomba sejenis di tempat lain baik tingkat nasional maupun intemasional; (lihat
Lampiran 4)

REKOMENDASI KAMI
Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD INOBEL Tahun 2017

Persyaratan Karya dan Naskah

c. melampirkan pindaian surat pemyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut
telah didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah dan
ketua MGMP setempat dibuktikan dengan dokumentasi dan daftar hadir acara;
(khusus untuk guru yang berada di daerah 3T cukup diketahui oleh kepala sekolah)
(lihat Lampiran 4)
d. melampirkan pindaian surat pemyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut
adalah orisinal bukan merupakan hasil plagiat atau re-produksi dari karya inovasi
pembelajaran sebelurnnya; (lihat Lampiran 4)
e. melampirkan pindaian surat pemyataan bahwa karya inovasi pembelajaran bukan
merupakan tugas akhir studi, skripsi, tesis, atau disertasi (lihat lampiran 4).

Persyaratan Karya dalam Pedoman Lomba Inobel 2018
Karya yang diikutsertakan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP
Tingkat Nasional Tahun 2018 harus memenuhi syarat sebagai berikut.
a. Bersifat individual;
b. Satu karya;
c. Orisinal;
d. Telah diimplementasikan pada proses pembelajaran/pembimbingan dan sudah
hasilnya maksimal tiga tahun terakhir;
e. Belum pemah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis baik secara nasional
maupun intemasional; dan
f. Bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir studi (skripsi, tesis,
disertasi);
Surat pemyataan ditandatangani oleh yang bersangkutan doatas materai Rp. 6.000
(lihat lampiran 4)

Seleksi Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD dan SMP Tingkat Nasional 2018

dilakukan melalui lima tahap sebagai berikut.
a. Tahap I
Pada Tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek:
1) Persyaratan utama berupa kelengkapan dokumen dan keaslian naskah
(similarity dan sitasi) serta kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan
pedoman. Penilaian dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan
Dasar dengan menggunakan Instrumen 1.
2) Kesesuaian denganjadwal pengiriman dokumen.
b. Tahap II
Pada Tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan
Juri. Hasil dari seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari setiap bidang perlombaan
(total 170 untuk tiga bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan
menggunakan Instrumen 2.
c. Tahap III
Pada Tahap III, peserta yang lolos seleksi Tahap II sebanyak 34 peserta dari setiap
bidang lomba (total 170 untuk tiga bidang lomba) mengikuti workshop untuk
perbaikan naskah hasil karya inovasi pembelajaran, bahan presentasi/display, dan
pembuatan artikel untuk prosiding atau jurnal.

Download Pedoman Lomba Inobel 2018

d. Tahap IV
Pada Tahap IV, peserta yang sudah mengikuti kegiatan Tahap III, melakukan
pameran atau display karya inovasi pembelajarannya. Pada tahap ini, dilakukan
penilaian display karya inovasi pembelajaran dengan menggunakan Instrumen 3.
e. Tahap V
Finalis dari setiap bidang lomba mempresentasikan karyanya di depan forum
terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan Instrurnen 4. Pada tahap ini
akan ditentukan Juara I, Juara II, dan Juara III setiap bidang lomba.

Tema dan Isi Karya PerlombaanTema Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Gu ru SMP Tingkat Nasional Tahun2018: “lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad 21”
Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran/pembimbingan mengacu pada
kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik dan media pembelajaran/pembimbingan.