Beranda Kurikulum Nasional Revisi Prinsip Penilaian Kurikulum Nasional Untuk Tahun Pelajaran 2015/2016

Revisi Prinsip Penilaian Kurikulum Nasional Untuk Tahun Pelajaran 2015/2016

196
0
Materi kita berlanjut untuk pembahasan Kurikulum Nasional yang bakal diterapkan, pada sebelumnya kami telah membahas 4 tahap implementasi kurikulum nasional kemudia yang masih bingung dengan baca Kurikulum Nasional Bagaimana bentuknya kali kesempatan ini kami akan melanjutkan Revisi Prinsip Penilaian pda kurikulum

Berdasarkan Permendikbud No. 160/2014 dan Surat Edaran Bersama Dirjen Dikdas dan Dirjen Dikmen No. 233/C/KR/2015; Sekolah Rintisan adalah sekolah yang sudah melaksanakan K13 selama 3 Semester (Semester keempat) sesuai data pokok yang diberikan sekolah pada awal pelaksanaan
Sekolah yang baru melaksanakan 1 Semester (26 sekolah) diizinkan melanjutkan mengimplementasikan K13 melalui Keputusan BAN-SM Tahap 1 (untuk kepentingan pengimbasan dan implementasi bertahap)

Cara Penilaian pada Kurikulum Nasional
Dilakukan oleh Pendidik selama dalam Proses Pembelajaran dan Akhir Pembelajaran;
Tujuan Penilaian: Penekanan pada:
Formatif (Membentuk Karakter dan Perilaku, Menjadikan Pembelajar Sepanjang Hayat – To Drive Learning, Terampil),

Revisi Prinsip Penilaian Kurikulum Nasional Untuk Tahun Pelajaran 2015/2016

Diagnostik (Melihat Perkembangan Siswa Dan Feedback-koreksi Pembelajaran),
Sumatif (Mengukur Capaian yang didapat oleh Siswa dari Hasil Belajar);

REKOMENDASI KAMI
Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Baru di Sekolah Dasar

Ranah yang Dinilai Tidak Hanya Pengetahuan dan Keterampilan, melainkan juga Sikap;
Proses Penilaian: Lebih Sederhana, Terjangkau untuk Dilakukan, Tidak Menjadi Beban bagi Guru/Siswa, tetapi Tetap Mengutamakan Prinsip dan Kaidah Penilaian;
Penilaiaan Mencakup:
Penilaian Formatif (Formative Assessment): Titik Berat pada Proses, Hasilnya Menjadi Umpan Balik dalam Perbaikan Pembelajaran,
Penilaian Sumatif (Summative Assessment): Titik Berat pada Tingkat Capaian Hasil Pembelajaran;
Penilaian yang Dilakukan Tidak Hanya “Assessment Of Learning” melainkan juga “Assessment For Learning”, dan “Assessment As Learning”.

ditunggu berita pembahasan kami selanjutnya tentang kurikulum nasional