Beranda Download RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII Semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII Semester 2

586
1
RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII Semester 2

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013, SMP/MTs kelas 8 RPP 1 halaman 3 komponen Ilmu Pengetahuan Sosial semester genap, yang kami bagikan ini merupakan referensi terbaik untuk rekan-rekan guru di mana pun berada, tentunya sangat ideal untuk bisa di sesuaikan oleh kawan-kawan guru.

RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII, memuat beberapa materi yang secara lengkap di bahas untuk semester genap ini dalam format satu halaman dan merupakan hal yang bisa kami contoh kan ada pada bagian bawah ini.

Baca juga

Contoh RPP 1 Lembar IPS SMP Kelas VIII

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based Learning peserta didik diharapkan mampu menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi dengan tepat dan mampu menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi dengan baik.

REKOMENDASI KAMI
Aplikasi Penilaian Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Pendahuluan

  1. Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
  2. Memberi motivasi dengan bertanya terkait pengertian ruang.
    Misalnya: “Mengumpulkan potensi di daerahmu untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat?
  3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Creativity Thinking and innovation
a) Guru menayangkan ilustrasi keunggulan dan keterbatasan Indonesia.
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tambang terbesar di dunia. Pengelolaan tambang-tambang tersebut masih didominasi pihak asing. Kondisi tersebut mengakibatkan tingginya pemasukan Negara dari sektor pertambangan. Pengelolaan sumber daya alam membutuhkan sumber daya manusia yang baik serta penguasaan teknologi yang unggul. Apakah saat ini Indonesia sudah memiliki kedua hal tersebut?
b) Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil pengamatan ilustrasi gambar.
“Bagaimanakah upaya yang harus kita lakukan agar negara Indonesia mampu mengelola sumber daya secara mandiri?”
Collaboration
Peserta didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru

REKOMENDASI KAMI
Berikut Cara Penggunaan Video Call Guru Pembelajar

Critical Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai referensi atau sumber, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
Collaboration
a) Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
b) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan laporan hasil solusi pemecahan masalah.

Download RPP 1 Halaman IPS SMP Kelas VIII Semester 2

Communication
a) Guru meminta peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat kepada teman-temannya.
b) Melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
c) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran

REKOMENDASI KAMI
Materi PLPG Sertifikasi Guru 2016 Jenjang Sekolah Dasar