RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

0
508
RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas VII SMP/MTs semester 1 K13 Revisi tahun 2018, 4C,Literasi, HOTS, PPK terintegrasi karakter dalam RPP terbaru pada edisi terbaru kurikulum 2013 revisi, hanya saja rpp ini tidaklah sempurna tanpa penyesuaian dari bapak/ibu guru semua di sekolah.

RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018, guru mata pelajaran IPS atau ilmu pengetahuan sosial kiranya sudah mengetahui beberapa hal materi pokok yang tersaji adalah sebagai berikut ini:

  • Manusia, tempat, dan lingkungan
  • Interaksi sosial dan lembaga sosial
  • Aktivitas Manusia dalam memenuhi kebutuhan
  • Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam

Selain RPP IPS SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2018,Baca Juga

Contoh RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Sintak Model Pembelajaran Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan), Problem
statemen  (pertanyaan/ identifikasi  masalah)
Kegiatan Pembelajaran dibawah ini, RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara dengan cara :
→ Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
→ Mengamati
● Lembar kerja materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara
● Pemberian contoh-contoh materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
→ Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara
→ Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara
→ Mendengar. Pemberian materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara oleh guru.
→ Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

REKOMENDASI KAMI
RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

REKOMENDASI KAMI
RPP Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Format Baru

Download RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Data  collection (pengumpulan data)  KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
→ Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
→ Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara yang sedang dipelajari.
→ Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara yang sedang dipelajari.
→ Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

RPP IPS SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2018

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
→ Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara
→ Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
→ Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara sesuai dengan pemahamannya.
→ Saling tukar informasi tentang materi : Mengenal Masa Praaksara dan Periodisasi Masa Praaksara

Dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Unduh RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

  1. Manusia, tempat, dan lingkungan
  2. Interaksi sosial dan lembaga sosial
  3. Aktivitas Manusia dalam memenuhi kebutuhan
  4. Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam

Unduh Juga RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018