RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

0
464
RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018, RPP Kelas VIII SMP/MTs K13 Revisi baru semester 1/ganjil mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial 4C,Literasi, HOTS, PPK menyatu dalam integrasi karakter, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini hanya merupakan referensi bagi rekan guru dalam implementasi kurtilas di sekolah masing-masing.

RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018, beberapa komponen perubahan baru pada kompetensi dasar dan materi menyajikan IPS pada kelas 8 SMP/MTs ini dengan materi pokok sebagai berikut dibawah ini:

  • Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN
  • Pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan budaya
  • Keunggulan dan keterbatasan ruang
  • Kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai
    tumbuhnya semangat kebangsaan
REKOMENDASI KAMI
Soal Pretest PPGJ Guru SMP dan Pembahasan

Contoh RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Baca juga

RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia dengan cara :
→ Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
→ Mengamati
● Lembar kerja materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
● Pemberian contoh-contoh materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
→ Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
→ Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
→ Mendengar
Pemberian materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia oleh guru.
→ Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

REKOMENDASI KAMI
Soal UN SMP Pdf Naskah Asli Dari Tahun 2009

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
→ Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Download RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
→ Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
→ Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yang sedang dipelajari.
→ Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yang sedang dipelajari.
→ Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

REKOMENDASI KAMI
Soal UTS SMP Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
→ Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
→ Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
→ Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia sesuai dengan pemahamannya.
→ Saling tukar informasi tentang materi :

Unduh pada link dibawah ini

  1. RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP IPS SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018