Beranda Download RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

613
0
RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013
RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013, RPP Kelas VI SD/MI Matematika K13 Revisi terbaru, Rencana pelaksanaan pembelajaran ini adalah merupakan versi terbaru pada sekolah dasar, dalam format word sehingga memudahkan dalam mengedit dan menyesuaikan.

RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013, pada semester genap semua sudah banyak mengetahui bahwa matematika merupakan mata pelajaran guru kelas yang diajarkan diluar tematik pada kelas atas, namun demikian silahkan bapak/ibu tambah referensi pada link rekomended terkait tentang kelas 6 SD/MI.

Contoh RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Muatan: Matematika
No Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data
3.8.5 Memahami pengertian modus.
3.8.6 Mengetahui tehnik menentukan modus dari kumpulan data.
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah 4.8.5 Mengidentifikasi modus dari kumpulan data.
4.8.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus.
C. TUJUAN

  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian modus.
  2. Siswa mampu memahami cara menentukan modus dari kumpulan data.
  3. Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengolahan data.
REKOMENDASI KAMI
RPP Bahasa Inggris Kelas IX SMP Kurikulum 2013 Lengkap Dan Gratis

D. MATERI

  1. Pengertian modus.
  2. Menentukan modus dari sebuah data.
  3. Soal- soal tentang penentuan modus.

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

Kegiatan
Pendahuluan 1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

  1. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  2. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  3. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
    • Apa yang tergambar pada sampul buku.
    • Apa judul buku
    • Kira-kira ini menceritakan tentang apa
    • Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
REKOMENDASI KAMI
Soal UAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download RPP Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

A. Mengamati

  1. Siswa mengamati pengertian modus.
  2. Guru menjelaskan macam- macam tehnik penentuan modus dari sebuah data.
    (Communication)

B. Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang penentuan modus dari sebuah data.
  3. Guru menjawab pertanyaan siswa.
    (Communication)

C. Menalar

  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang penentuan modus dari sebuah data. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang penentuan modus dari sebuah data dengan bimbingan guru.
  3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa.
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang penentuan modus dari sebuah data.

D. Mencoba

  1. Guru memberikan soal latihan tentang penentuan modus dari sebuah data kepada siswa. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu. (Mandiri)
  3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian.
REKOMENDASI KAMI
Prota dan Promes Revisi Kurikulum 2013 Kelas 1 SD

E. Mengkomunikasikan

  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang penentuan modus dari sebuah data.
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar pengolahan data yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)