Beranda Download Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 Terbaru 8 Kolom

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 Terbaru 8 Kolom

649
0
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 Terbaru 8 Kolom

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 Terbaru 8 Kolom, silabus merupakan garis besar haluan pembelajaran, pada kurikulum 2013 juga memiliki perbedaan dari isi materi dan format silabus terbaru sesuai ketentuan yang berlaku pada K13. trend silabus baru 8 kolom ini memang betul-betul lengkap bagi pendidik

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru yang kami bagikan ini untuk semester 1 dan semester 2 Kurikulum 2013, dan selalu kita berharap agar tak ada perubahan lagi dari berbagai ketentuan Kurikulum 2013. pastinya rekan-rekan guru masih banyak yang belum mengetahui bagaimana bentuk Format silabus Kurikulum 2013 Revisi 8 kolom

Format Silabus 8 Kolom Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Baca juga

Kerangka 8 Kolom

  • Mata Pelajaran
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar
REKOMENDASI KAMI
Aplikasi Piagam Juara Kelas Excel Untuk Sekolah Kemdikbud

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari 1.3.1 Menyetujui keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3.1 Menyetujui keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.4.1 Menunjukan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.1.1 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila
4.1.1 Memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari. • Hubungan symbol dengan makna sila ke empat Pancasila.
• Contoh pengamalan dari sila ke empat pancasila.
• Sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke-4 Pancasila.
• Contoh sikap pahlawan sesuai dengan makna sila pancasila. • Berdiskusi dan memberikan contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila Misalnya : belajar giat yang termasuk sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
• Menceritakan contoh sikap-sikap kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar Sikap:
• Jujur
• Disiplin
• Tanggung Jawab
• Santun
• Peduli
• Percaya diri
• Kerja Sama

REKOMENDASI KAMI
Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi

Jurnal:
• Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun informasi dari orang lain
Penilaian Diri:
• Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di rumah, dan di sekolah

Pengetahuan
Tes tertulis
• Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar
• Memahami sifat-sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
• Mengomunikasikan hasil diskusi tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel
• Mendiskusikan makna sila ke empat Pancasila
• Memahami tinggi rendah nada pada lagu “Maju Tak Gentar”
• Menuliskan informasi tentang tokoh “Bala putra dewa”
• Menghubungkan sikap tokoh dengan nilai-nilai Pancasila
• Menggali informasi tentang peninggalan Hindu, Buddha, dan Islam.
• Mendiskusikan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Keterampilan
Praktik/Kinerja
• Menceritakan kembali isi teks dengan Bahasa sendiri
• Menyampaikan laporan percobaan tentang cahaya
• Menceritakan kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
• Menyanyikan notasi lagu “Maju Tak Gentar”
• Menemukan garis dalam kehidupan sehari-hari.
• Mempraktikkan penanganan memar
• Menceritakan kembali teks dengan Bahasa sendiri
• Menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan tinggi rendahnada yang tepat
• Mencari infromasi tentang sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh
• Menceritakan kembali tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci. 24 JP • Buku Guru
• Buku Siswa
• Aplikasi Media SCI
• Internet
• Lingkungan

REKOMENDASI KAMI
Silabus SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap

Download Silabus Kurikulum 2013 8 kolom

Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
4.7.1 Mempresentasikan informasi yang diperoleh melalui bahasa lisan dan tulisan tentang pahlawan
• Membaca teks tentang “Raja Purnawarman”.
• Menceritakan kembali isi teks “Raja Purnawarman” menggunakan bahasa sendiri.
• Membaca teks ”Raja Balaputrradewa”.
• Mencari informasi dari teks no-fiksi.
• Nama-nama pahlawan nasional Indonesia. • Membaca teks tentang perjuangan Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila ke empat Pancasila
• Menuliskan hasil diskusi tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel
• Mengamati gambar, membaca teks, membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila Pancasila
• Membaca teks dan menceritakan kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.

Silabus Kelas 4 Tema 1