Beranda Kurikulum 2013 Solusi Deskripsi Hasil Belajar Kurikulum Nasional

Solusi Deskripsi Hasil Belajar Kurikulum Nasional

477
0
Deskripsi Hasil Belajar terutama dalam Raport Kurikulum 2013 atau Kurikulum Nasional menjadi beban tersendiri bagi Guru, Misal  Pelaporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik  Sekolah Dasar Penilaian oleh pendidik = penilaian berbasis kelas (classroom based assessment) = penilaian terhadap hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik, baik selama maupun sesudah proses pembelajaran. Penilaian mencakup:
(a) sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2);
(b) pengetahuan (KI-3); dan
(c) keterampilan (KI-4).

Fungsi penilaian:
Formatif: untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Sumatif: untuk melihat ketercapaian atau hasil pembelajaran
Masalah 
KD pada KI-1 berbeda untuk tiap kelas dan tiap muatan pelajaran.
Jumlah KD dalam KI-2 terlalu banyak, dan berbeda untuk tiap kelas dan tiap muatan pelajaran.
Indikator KI-3 dan KI-4 cukup banyak dan sering diulang-ulang, hal ini sangat menyulitkan dalam penulisan deskripsi.
Guru tidak  melakukan pemetaan & analisis KI dan KD
Guru tidak menyusun kisi-kisi untuk menyusun instrumen penilaian.
Guru mengalami kesulitan dalam menuangkan hasil belajar ke dalam deskripsi rapor.

REKOMENDASI KAMI
Kisi-Kisi dan Soal UTS Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Solusi Permalasahan
Penilaian Sikap (KI-1 & KI-2), dilakukan berdasarkan pengamatan yang dilakukan guru, selama 1 semester. KD aspek sikap (KI-1 & KI-2) tidak dinilai pada setiap muatan pelajaran melainkan cukup dengan satu format penilaian saja. Penilaian KI-3 dan KI-4:, Membuat Pemetaan KI dan KD
Menyusun kisi-kisi, Melakukan analisis (Ulangan Harian, UTS, dan UAS).
Memanfaatkan IT dalam penyusunan Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi.

Contoh KI-1 Dan KI 2

Solusi Deskripsi Hasil Belajar Kurikulum Nasional

Selanjutnya pada aspek yang lain sebagai berikut:

Solusi Deskripsi Hasil Belajar Kurikulum Nasional